Kuliner Bekasi

IMAGEKue Akar Kelape Bekasi
Kalau kite baca sejarahnye, pasti dah tau, ato liat aja ndiri klik aja di mari Nah kalo ude tau, baru dah nyadar kalo Betawi Bekasi ntuh umurnye...
IMAGESayur Gabus Pucung
Ngomong Gabus Pucung, yang teringat adalah Bekasi, Tambun, Muara Gembong, dlsb. Jadi tidak heran, kalau orang luar bekasi dateng ke Bekasi khusus...
loading...
  • 17720     Jaya Bakti
  • 17720     Jaya Laksana
  • 17720     Lenggah Jaya
  • 17720     Lenggah Sari
  • 17720     Setia Jaya
  • 17720     Setialaksana
  • 17720     Sindang Jaya
  • 17720     Sindangsari

Riwayat singkat Benda Cagar Budaya ( BCB) " Kramat Batok " yang berada di desa Jaya Bakti Kecamatan Cabang Bungin Kab Bekasi , berdasarkan UU No. 5 Tahun 1992 tentang pentingnya untuk melindungi peninggalan sejarah dan purbakala atau Benda Cagar Budaya  agar dapat  terpelihara dengan baik . Melihat hal tersebut di atas , maka salah satu keturunan dari Bapak Gabid yang bernama  H. Obing Fachrudin dan masyarakat sekitar desa Jaya Bakti Kecamatan Cabang Bungin Kab Bekasi bermaksud akan melaksanakan pemugaran dan membangun Mushollah di sekitar Kramat Batok .

Keberadaan Benda Cagar Budaya " Kramat Batok " menurut juru pelihara ke tujuh yang bernama Linih yang kini telah berusia sekitar 85 tahun bahwa , Kramat Batok merupakan pemakaman seorang tokoh yang bernama Gabid ,  Gabid adalah seorang pejuang yang juga seorang Ulama yang berasal dari Sumedang Larang .

Pada tahun 1850 Bapak Gabid dan pengikutnya di kejar oleh Belanda lalu bersembunyi kedalam hutan belantara , konon pada waktu itu belum seorangpun yang pernah menapakkan kakinya kedalam hutan belantara itu , lalu di dalam hutan tersebut bapak Gabid dan para pengikutnya menemukan perkakas rumah tangga yang terbuat dari tempurung kelapa / Batok Kelapa ,piring gelas dll .

Setelah penemuan tempat tersebut Bapak Gabid bersama pengikutnya memutuskan untuk hidup dan menetap di tengah hutan belantara tersebut untuk membuka hutan menjadi perkampungan lalu menyebarkan agama Islam , setelah daerah tersebut menjadi Kampung di beri nama desa PULO LUYU , setelah adanya pemekaran maka kini mejadi tiga desa yaitu desa Jaya Bakti , Sindang Jaya dan Sindang Sari . Tegas Linih .
Lalu menurut Linih , pada tahun 1921 Bapak Gabid meninggal dunia , maka untuk menghormati jasanya semasa hidupnya , para pengikutnya maupun keturunannya sepakat untuk memakamkan beliau di mana untuk pertama kali di temukannya perkakas rumah tangga yang terbuat dari tempurung kelapa atau batok kelapa lalu makam tersebut kini terkenal dengan nama " Kramat Batok "
Sampai saat ini setiap malam jum'at banyak masyarakat yang datang dari Jakarta , Bogor , Karawang , Jawa Timur dan Bekasi sendiri untuk mengadakan Tawasulan dan pada setiap tanggal 1 suro di area makam tersebut selalu di adakan Tawasulan dan memotong beberapa ekor kerbau dan dagingnya di bagikan kepada masyarakat yang kurang mampu dan diadakan pesta budaya dengan menampilkan berbagai kesenian tradisional dari berbagai daerah selama tujuh hari tujuh malam .

Sementara itu Afiat Yoga Nirmala pemerhati Benda Cagar Budaya ( BCB )mengatakan kepada sentana pada selasa ( 11/5 ) kemarin  bahwa , sesuai dengan undang - undang No 5 tahun 1992 dan perda Jawa Barat Nomor 7 tahun 2003 maka sudah saatnya kita melestarikan dan memelihara Benda Cagar Budaya yang ada di wilayah kita , sehingga keberadaan Cagar Budaya tetap terpelihara dengan baik .

Sumber : http://chairusman.blogspot.com/2013/07/cabangbungin-sejarah-singkat-kramat.html

SMS, Cabang Bungin - Menjelang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bekasi tahun 2012 yang sudah semakin dekat, Kecamatan Cabang Bungin belum lama ini, Rabu (07/12), mengadakan pembinaan kepada anggota linmas se-Kecamatan Cabang Bungin.

“Diharapkan kepada anggota Linmas yang ada di Kecamatan Cabang Bungin, hendaklah menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masing-masing, sehingga Pilkada tahun 2012 dapat berjalan aman dan lancar,” kata Kasie Pengarahan Satuan Linmas Pol PP Kabupaten Bekasi Yuyu Wahyu.

Dikatakan, menjelang hajat Pemilukada 2012 mendatang seluruh anggota satuan Linmas yang ada di Kabupaten Bekasi harus membantu keamanan dan ketertiban di masing-masing wilayahnya demi suksesnya hajat tersebut.


“Mari kita sukseskan Pilkada Kabupaten Bekasi tahun 2012, agar dapat berjalan lancar dan aman, sehingga Pilkada tahun 2012 mendatang dapat berjalan lancar, tertib dan aman sesuai yang kita harapkan,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Camat Cabang Bungin Surya Wijaya mengharapkan kepada seluruh anggota linmas yang ada di Kecamatan Cabang Bungin, hendaklah selalu menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing.

“Demi terciptanya keamanan dan ketertiban diwilayah kecamatan cabang bungin, diharapkan kepada seluruh anggota Linmas yang ada, untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban sehingga pilkada tahun 2012 dapat berjalan sukses,” ujar pria asli Bekasi ini.

Ditambahkannya, dalam rangka suksesnya pilkada tahun 2012 mendatang dibutuhkan kesiapan anggota linmas dalam menjaga keamanan lingkungan, demi suksesnya Pilkada Kabupaten Bekasi tahun 2012.

“Anggota linmas harus selalu siap dalam menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga Pilkada tahun 2012 dapat berjalan lancar aman dan lancar sesuai yang kita harapkan,” pungkasnya.

Acara yang berlangsung di ruang aula Kecamatan Cabang Bungin tersebut dihadiri juga oleh Sekcam Cabang Bungin Drs. Dwi Sigit, MM, para kepala desa serta anggota Linmas se-Kecamatan Cabang Bungin.

Sumber : http://smsbekasi.blogspot.com

IMAGEJiwa Sehat
Di bawah ini ada 6 tips untuk mencapai Jiwa yang Sehat, dengan membaca 6 tahapan di bawah ini, maka Anda sudah pada jalur menuju Jiwa yang Sehat Kita...
IMAGEPikiran Sehat
Raga yang sehat berawal dari Pikiran yang sehat. Olehkarenanya, Pikiran yang sehat menjadi stimulus utama untuk mempengaruhi kesehatan Jiwa dan Raga...
IMAGEProses Persalinan
Ramuan Tradisonal Kuno baik digunakan apabila kandungan telah memasuki 8 1/2 bulan. Ramuan ini bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan atau...
IMAGESusu Formula
Susu Formula memang lebih praktis, atau instan dibanding dengan Ibu-iibu yang harus menggunakan ASI bagi anak-anak tercintanya. Pola Instan memang...
IMAGECara Murah Menyembuhkan Prostat
Radang Prostat terjadi akibat perubahan hormonal dihidrotestosterm dalam jaringan kelenjar prostat yang meningkat pada usia 40 tahun ke atas....
IMAGEObat alami untuk penyakit Hernia
Bahan :1. Telur ayam kampung 1 butir2. Madu asli 3 sendok makan3. Minyak samin 3 sendok makan.