Kuliner Bekasi

IMAGESayur Gabus Pucung
Ngomong Gabus Pucung, yang teringat adalah Bekasi, Tambun, Muara Gembong, dlsb. Jadi tidak heran, kalau orang luar bekasi dateng ke Bekasi khusus...
IMAGEDodol Bekasi
Seperti juge Sayur Asem Bekasi, Dodol Bekasi juge, walaupun namanya dodol dimane aje sama, tapi nyang satu nih, rasanye manteb bet. Nah elu penasaran...
loading...

Leluhur kita sudah gunakan pare untuk; turunkan demam, atasi gangguan liver, obat cacing, bisul, disentri, amuba, wasir, bronchitis, obat malaria, dan penyakit kuning.

Per 100 gram pare mengandung Energi: 29 kal, Protein: 1,1 g, Lemak: 0,3 g, Karbohidrat: 6,6 g, Serat: 1,5 g, Kalsium: 45 mg, Fosfor: 64 mg, Zat Besi: 1,4 mg, Vitamin A: 180 IU, Vitamin B1: 0,08 mg, Vitamin C: 52 mg, Air: 91,2 g

Dari kandungan Fitokimia-nya seperti; Saponin, Flavonoid, Polifenol, Glikosida Cucurbitacin, Momordicin, asam Trichosanat, dan Charatin, vitamin A, C, Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi, juga mengandung Serat. Menjadikan Pare memiliki banyak sekali kegunaan, antara lain:

Menambah Nafsu Makan
Kandungan asam trichosanat dan momordicin berkhasiat meningkatkan fungsi pencernaan di lambung, sehingga mengkonsumsi buah pare akan dapat meningkatkan nafsu makan.

Mencegah Kehamilan
Penelitian Oentoeng Soeradi dan Asmarinah (1994) dari Universitas Indonesia, yang menggunakan media hewan sebagai penelitiannya, menunjukkan bahwa hewan yang diberi makan pare, akan mengakibatkan matinya spermatozoid hewan tersebut. Olehkarenanya, banyak orang beranggapan bahwa mengkonsumsi pare yang rasanya pahit ini, dapat mencegah kehamilan.

Menangkal Sel kanker Serviks dan Kanker Dada Kewanitaan
Pare, sayuran dengan rasa pahit ini mempunyai khasiat yang menakjubkan. Pare ternyata dapat melindungi perempuan dari bahaya kanker Dada Kewanitaan. Dalam studi yang dipublikasikan di Cancer Research, peneliti menangani sel-sel kanker Dada Kewanitaan dari manusia dengan ekstrak pare. Ekstrak pare diketahui dapat memperlambat pertumbuhan dan bahkan membunuh sel-sel kanker Dada Kewanitaan tersebut.

Pare memiliki kandungan zat Lesichin yang bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan, dan menangkal sel kanker di tubuh kita.

Wanita sangat rentan pada kanker serviks sebagai pembunuh nomor satu, yang kemudian disusul oleh kanker Dada Kewanitaan diperingkat selanjutnya.

Menurut Ratna Ray, profesor di bidang patologi dari Saint Louis University, ekstrak pare dapat membunuh sel-sel kanker tanpa mengganggu sel-sel sehat dalam tubuh. Meskipun penelitian ini belum final, namun para peneliti menyarankan terutama kepada wanita, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi pare sebagai pencegahan kanker Dada Kewanitaan.
 
Mengatasi Diabetes
Pare bersifat hipoglikemik yang kuat yaitu menurunkan kadar gula dalam darah, oleh karenanya para dokter di India sudah lama menggunakan pare untuk mengatasi diabetes mellitus. Kemampuan tersebut dibuktikan oleh Suwijiyo dari Pusat Penelitian Obat Tradisional Universitas Gajah Mada. Ketika ekstrak pare ini diberikan pada penderita diabetes selama 2 minggu, menunjukan bahwa kadar glukosa darah mereka turun secara signifikan. Diperkirakan karena senyawa sulfonylurea yang biasanya ada pada obat diabetes. Juga karena sterol glikosidanya. Disamping khasiatnya, pare tidak mengandung senyawa berbahaya bila dikonsumsi dalam jangka panjang sehingga tidak akan menimbulkan efek samping bila dikonsumsi terus-menerus.

Menekan Pertumbuhan Sel Kanker Pankreas
Kanker pankreas banyak didahului oleh penyakit diabetes. Dari hasil penelitian Pusat kanker University of Colorado, menunjukan bahwa pare dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan kanker pankreas, karena salah satu kandungannya dapat mempengaruhi metabolisme glukosa yang sangat dibutuhkan oleh sel kanker. Adanya percobaan pada tikus dengan kanker pancreas, menunjukan bahwa jus pare dapat menurunkan pertumbuhan sel kanker hingga 60%, dan jus pare sudah terbukti baik bagi penderita diabetes tipe 2.

Membantu Penderita HIV-AIDS
Dari hasil penelitian di AS, menunjukan bahwa senyawa sejenis protein Alpha-Momocharin atau MAP 30 yang ada dalam pare dapat menghambat pembiakan HIV penyebab AIDS. Penelitian berdasarkan uji coba, dengan menerapkannya pada pasien AIDS, ternyata hasilnya bagi mereka yang diberi ekstrak pare selama 3 bulan, menunjukan tingkat kekebalan tubuh mereka yang meningkat.

Untuk Mempercantik Kulit
Masker pare akan membantu mengembalikan kesehatan wajah yang rusak akibat paparan sinar ultraviolet, yang diakibatkan oleh Terik Matahari yang membakar kulit wajah kita. Akibatnya wajah akan berkerut, kusam, dan rusak.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Pare mengandung kalori rendah, oleh karenanya pare dapat dijadikan salah satu menu bagi kita yang sedang menjalani diet obesitas. Rasa pahit pada pare dapat berkurang, bila diremas menggunakan garam dapur, sehingga dapat dikombinasi bersama dengan bahan makanan lain.

Kandungan Kalorinya ternyata membuat kita cepat kenyang, karena dalam secangkir pare ternyata terdapat 16 kalori, sehingga kita mampu mengontrol nafsu makan.

Melegakan Pernapasan / Mengatasi Asma
Dari sebuah penelitian, Rasa pahit pada pare, ternyata justru membangkitkan sel-sel pengecap pada saluran pernapasan, sehingga sel saluran pernapasan ikut aktif, dan menyebabkan saluran pernapasan menjadi lebih longgar, berdampak pada sirkulasi udara yang lebih lancar. Hal ini bagus bagi penderita asma.

Membersihkan Darah
Pare memiliki kandungan zat yang mampu membersihkan darah kita. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara dibuat sayur atau di-jus. Mengkonsumsi pare secara rutin, pada pagi dan malam hari, dapat membantu membersihkan darah kita dalam tubuh.

Melancarkan Pencernaan
Pare kaya akan kandungan serat, vitamin C, kalium dan karoten. Rasa pahit pada pare ternyata sangat baik untuk membantu kita dalam mengatasi masalah pencernaan.

Penting !!!
Pare sebaiknya tidak dikonsumsi oleh anak-akan, hal ini karena dapat menurunkan kadar gula mereka. Mereka yang cenderung kadar gula darahnya rendah juga dilarang mengonsumsinya. Begitu juga para ibu hamil dikhawatirkan akan mengalami keguguran.

Sumber: dari berbagai sumber

Catatan :
Buah-buah yang disarankan, hanya buah-buah lokal. Hal ini mengingat kandungan buah lokal yang tumbuh di tanah Nusantara yang kaya dengan mineral ini sangat berpengaruh pada kandungan buah itu sendiri.

Ingat, betapa Ikan Salmon Atlantik begitu dicari oleh orang-orang yang menginginkan kesehatan bagi matanya.

IMAGEKearifan Lokal (Local Wisdom)
Nilai-nilai milik Masyarakat Nusantara secara turun temurun, mempunyai fungsi, mengatur interaksi masyarakatnya. Nilai-nilai tersebutlah yang...
IMAGEIngat Bukan Berarti Dendam
"Ingat" tapi bukan "Dendam", itu adalah ungkapan orang Bijak. Mengapa? Banyak orang yang bilang bahwa kita tidak boleh dendam.... itu betul... Tapi...
IMAGEBuah, dan Sayuran Cegah Kanker Dada Kewanitaan
Dari hasil penelitian, ternyata “Gaya Hidup Modern” mengakibatkan satu dari 10 wanita diperkirakan menderita kanker Dada Kewanitaan. Sedangkan...
IMAGEProses Persalinan
Ramuan Tradisonal Kuno baik digunakan apabila kandungan telah memasuki 8 1/2 bulan. Ramuan ini bermanfaat untuk memperlancar proses persalinan atau...
IMAGECara Murah Menyembuhkan Prostat
Radang Prostat terjadi akibat perubahan hormonal dihidrotestosterm dalam jaringan kelenjar prostat yang meningkat pada usia 40 tahun ke atas....
IMAGEKesehatan Pria Bekasi
Kemangi Bagi Pria, kemangi berguna bagi Pencegahan Loyo Duluan. Senyawa 1-8 sineol dalam kemangi dapat mengatasi masalah Loyo Duluan dini. Apigenin...